Tuesday, September 29, 2015

Yes I Can !




            Saat interview, saya ditanya oleh teacher Pakorn apakah bisa mengajar matematika. Kalau ngikutin ego pasti jawabannya gak bisa, gak mau, jelas. Kuliah tiga tahun ambil biologi sist bro, masa iya PPL malah ngajar mata pelajaran lain. Alhamdulillah Allah sayang hambanya ini, saat penerimaan mahasiswa PPL di Bangkok, Pak Yunardi selaku Atase Pendidikan KBRI Bangok memberi wejangan yang cukup menampar saya. 
            Jadi ceritanya, sebelum berangkat PPL, kami ditawari ingin mengjar dimana, di sekolah Internasional atau sekolah Indonesia. Untuk menambah pengalaman saya memilih di sekolah internasional. Akhirnya ada pengumuman saya diterima untuk melaksanakan PPL di Bannrodfai School. Ketika mencari info, saya mengira jenjang sekolah tersebut adalah Elementary School. Seketika itu juga saya menghubungi pak Yunardi untuk menanyakan tentang Bannrodfai School dan menolak untuk ditempatkan di sekolah dasar. 
          Setengah sungkan setengah nurutin ego, saya meminta maaf kepada beliau dan mengatakan bahwa saya adalah mahasiswa jurusan biologi yang nantinya akan mengajar di jenjang SMA, karena untuk SMP sudah ada IPA, apalagi SD sudah ada PGSD. Ya Allah, rasanya jadi mahasiswa yang tidak tahu diri, sudah dicarikan sekolah di Thailand, masih aja minta ini itu. Akhirnya pak Yunardi mengatakan akan membatalkan untuk PPL di Bannrodfai School. Namun beberapa hari kemudian saya dikabari bahwa Bannrodfai School memiliki jenjang SMP, sehingga saya bisa melaksanakan PPL di situ.
            Saya tahu apa yang saya katakan membuat beliau kecewa, dan benar dugaan saya. Ketika acara penerimaan mahasiswa PPL, beliau menceritakan kondisi pendidikan yang ada sekarang. Mata mulai berkaca-kaca, ea ea ea dan alhamdulillah bisa menahan untuk tidak memangis dalam ruangan, tapi tidak diluar ruangan XD. Beliau juga menyayangkan keputusan saya dan kawan-kawan ketika hanya mau mengajar di jenjang SMA atau SMP. Pesan beliau kepada kami adalah agar mahasiswa  berani keluar dari comfort zone, karena kita tidak akan pernah tahu tahu ada mukjizat apa di luar sana.

             Bismillahirrahmanirrahim
Saya terima ajakan Teacher untuk mengajar matematika.


Yes I can! I'll try!

           Atas permintaan anak-anak grade 5 dan disetujui oleh teacher Pakorn, alhamdulillah sekarang saya juga mendapat kesempatan untuk mengajar matematika untuk grade 5. 

No comments:

Post a Comment