Friday, September 11, 2015

Penerimaan Mahasiswa PPL Unnes di Bangkok







Bangkok - Penerimaan mahasiswa PPL Unnes oleh KBRI Bangkok, Jumat (28/8) di Sekolah Indonesia Bangkok (SIB). Hadir dalam kegiatan tersebut, Atase Pendidikan Republik Indonesia Dr. Yunardi Yusuf, Kepala Sekolah SIB Tjatur Prasetyawati beserta Guru dan staff SIB, Wakil dari Pusat PPL Unnes Drs. Masugiono, M.Pd dan Drs. Bambang Indiatmoko, M.Si,  dan sembilan mahasiswa peserta PPL Antar Bangsa.
Kepala Sekolah SIB dalam sambutannya menyampaikan rasa bahagianya menerima kedatangan mahasiswa PPL Unnes di SIB. Beliau menyampaikan kepada mahasiswa agar tidak hanya memiliki kompetensi pedagogik dan profesional, tapi juga kompetensi sosial dan kepribadian.
Kepala Pusat PPL Unnes, Drs. Masugino berpesan kepada mahasiswa agar mengingat instruksi dari Rektor Unnes, Prof. Dr. Fathur Rokhman, M.Hum bahwa mahasiswa terpilih yang menjadi Duta Bangsa agar dapat bekerjasama dengan baik, menjunjung nasionalisme di luar negeri, dan dapat menjadi cerminan yang baik bagi Unnes dan Indonesia.    
                Dr. Yunardi Yusuf ketika memberikan arahan menyampaikan bahwa sebagai calon guru, mahasiswa harus siap ditempatkan dalam berbagai kondisi. Beliau memberikan gambaran mengenai kondisi pendidikan yang tidak bisa diterima oleh seluruh warga Indonesia, terutama anak-anak buruh yang berada di wilayah Serawak, Sabah, dan Filipina. Dari generasi ke generasi, mereka tidak mendapatkan pendidikan, sehingga mereka tidak dapat mendapatkan pekerjaan yang layak. Hal ini dikarenakan tidak adanya guru untuk mengajar, sehingga pemerintah mulai mengadakan program untuk pendidikan di daerah-daerah perbatasan. Beliau berpesan agar mahasiswa harus berani keluar dari comfort zone, karena kita tidak akan pernah tahu tahu ada mukjizat apa di luar sana.
                Sembilan mahasiswa yang mengikuti acara tersebut, Juliyati (Pendidikan Guru Sekolah Dasar), Tati Nurkhikmah (Pendidikan Bahasa Indonesia), Adam Putra Janata (Pendidikan Bahasa Inggris), Aham Wahyu Wijaya ( Pendidikan Kimia), Adieba Warda Hayya (Pendidikan Biologi), Yeyen Jannatul I'liyin ( Pendidikan Geografi), Alfisyahr Izzati (Pendidikan Sosisologi dan Antropologi), Eva Andriani (Pendidikan Akuntansi), , Aprillia Andriani (PJKR) mengaku mendapat motivasi besar untuk mengajar dengan berbagai kondisi setelah mendengar berbagai arahan dari Kepala Sekolah, Kepala Pusat PPL Unnes, maupun Atase Pendidikan KBRI Bangkok. “Saya  sekarang lebih berpikiran terbuka, saya akan siap mengajar dalam jenjang apapun, entah SD, SMP, atau SMA, maupun dalm kondisi apapun.” Papar Alfisyahr, salah satu mahasiswa peserta PPL Antar Bangsa. –Adieba


Berita Penerimaan Mahasiswa PPL Unnes di Thailand juga dimuat dalam : 
               

No comments:

Post a Comment