Thursday, October 1, 2015

Selamat Pagi dari Bannrodfai

Selamat Pagi dari Bannrodfai
Assalamu'alaikum..


           Kami di sini memulai kegiatan sekitar pukul 07.20 dengan membaca. Guru wali berada di depan kelas dan siswa secara bergantian membaca di hadapan guru. Guru memberikan penilaian yang kemudian akan dilakukan penskoran. Bagi siswa yang mendapat skor tiga teratas akan diberikan penghargaan saat upacara.






Siswa membaca dihadapan guru



            Pukul 07.40 bel berbunyi. Siswa dan Guru berkumpul di lapangan untuk pengibaran bendera diiringi dengan nyanyian lagu Kebangsaan Thailand.


       Lantunan syahadat beserta artinya terdengar setelah pengibaran bendera. Disusul pembacaan rukun islam dan filosofi sekolah. Selanjutnya, Guru wali berada di depan barisan kelas masing-masing dan siswa memberikan salam kepada guru wali, dilanjut memberikan salam kepada kakak kelas oleh adik kelas. (Siswa kelas 1-6 mengahadap siswa kelas 7-8 kemudian saling mengucapkan salam).
            Pukul 08.00 siswa diberikan pemanasan dengan ice breaking, dilanjut dengan sesi yang paling saya suka, yakni pertunjukan dari individu maupun kelompok mulai dari kelas 1-8 secara bergantian tiap harinya. Hal ini merupakan ajang untuk melatih kepercayaan diri siswa. 
        Dipimpin oleh kelas yang mendapat giliran, siswa melakukan excercise. Kemudian acara ditutup dengan membaca kembali filosofi sekolah dan mengucapkan salam penghormatan kepada masing-masing wali kelas. Siswa secara rapi kembali ke kelas masing-masing.


                
          Setiap sebulan sekali, siswa yang membaca, menulis dan melaksanakan pembelajaran dengan baik mendapat penghargaan dari sekolah. Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh kepala sekolah.

Pemberian penghargaan diberikan langsung oleh Kepala Sekolah.


Siswa Penerima Penghargaan

 



           Kegiatan dilanjut dengan membaca dan atau menghafal Al Qur'an. Siswa yang sudah mampu membaca dengan baik dipisahkan dengan siswa yang belum membaca dengan baik. Siswa yang mampu membaca dengan baik mendapat tambahan kegiatan untuk menghafal Al Qur'an.




             Sedangkan siswa yang belum membaca dengan baik dibimbing oleh Ustadz agar dapat membaca Alqur’an dengan lancar. Materi yang diberikan adalah materi dasar meliputi pengenalan dan penguasaan huruf arab beserta makhrojnya, bacaan panjang/ pendek, praktek sifat-sifat huruf, bacaan dengung, pengenalan tanda waqof dan praktek pembacaan ayat-ayat pendek..



         Bel kedua berbunyi pertanda jam pelajaran dimulai. Periode 1 dimulai disusul istirahat  dan dilanjut periode 3 hingga 5. Satu periode memiliki alokasi waktu 45 menit. 

“Barangsiapa yang menempuh satu jalan untuk mendapatkan ilmu, 
maka Allah menudahkan baginya jalan menuju surga.”(HR.Muslim)

Ya Rabb, Tambahkanlah ilmu kepadaku. 
QS 20 : 114 
 
 



 

No comments:

Post a Comment