Friday, September 11, 2015

Makanan Halal di Bangkok



Halal. Iya Halal, susah banget cari makanan Halal di Bangkok. Mungkin karena masih awam, baru tiba di Bangkok dan harus segera mengisi perut. Lupa sebelumnya sudah menyimpan daftar nama-nama restaurant Halal di Bangkok beserta alamatnya.

Sudah duduk di restaurant tapi akhirnya angkat kaki lagi, karena ketika bertanya apakah tempat makan disini Halal, mereka seperti kebingungan.  Pun saat mencoba memilih McD karena merasa di Indonesia juga ada, kami meyakini kehalalannya. Namun saya mengingat kehebohan makanan yang diiklankan oleh JKT48, Pocky. Makanan berasal dari Jepang tersebut sempat menjadi sorotan karena diduga tidak halal. Seingat saya, informasi terakhir adalah adanya klarifikasi mengenai Pocky yang berada di Jepang memang tidak Halal, namun yang beredar di Indonesia Halal karena pembuatannya di Thailand (sudah dibuktikan makan Pocky di Thailand, ada label Halalnya :D). Eits,  Wallahu’alam, yang di Indonesia belum berlabel Halal sepertinya. Lebih baik menjaga diri dari hal-hal yang tidak pasti bukan?

Setelah hampir memesan makanan, saya mencoba memastikan kembali kepada pelayan apakah di sini Halal, karena saya rasa beda negara beda penyajian seperti yang terjadi dengan Snack Pocky. Dan dia menjelaskan ‘no Halal’ lalu mengimbuhinya dengan berkata ‘pork here’. Mungkin bukan hanya pork, saya tidak bisa meyakini cara penyembelihan daging ayam yang dilakukan apakah dengan syari atau tidak. –Menurut info teman saya yang orang Thailand, restaurant seperti McD, KFC, Pizza Hut di Thailand tidak halal, kecuali kamu di Malaysia, akan sama seperti di Indonesia, Halal InsyaAllah.-

QS Al An'am ayat 121 "Dan janganlah kamu memakan binatang-binatang yang tidak disebut nama Allah ketika menyembelihnya. Sesungguhnya perbuatan yang semacam itu adalah suatu kefasikan. Sesungguhnya syaitan itu membisikkan kepada kawan-kawannya agar mereka membantah kamu; dan jika kamu menuruti mereka, sesungguhnya kamu tentulah menjadi orang-orang yang musyrik."

Setelah bertanya-tanya kepada orang yang sepertinya Muslim, akhirnya mendapat petunjuk dimana tempat makanan Halal. This is Tomyam, makanan ini benar-benar menunjukkan makanan Thailand yang terkenal dengan rasa pedas dan asam. 










__________________________________
Teringat seorang tokoh Turki yang bernama Said Nursi, ia adalah seseorang yang Allah beri karunia kecerdasan yg luar biasa. Pada umurnya yang ke15 tahun, ia sudah mampu menghafal 80 karya kitab ulama klasik. Untuk menghafal Al Qur'an ia hanya membutuhkan 2 hari. Bahkan dalam beberapa cerita disebutkan ia dapat memahami sebuah ilmu dengan hanya membaca dalam hitungan jam, tentu bukan hanya ilmu agama, tetapi juga ilmu modern.


Karunia yang Allah beri, tidak lepas dari kedua orang tuanya yang amat luar biasa, memiliki sifat wira'i. Diceritakan bahwa sang Ayah saat menggembala, menutup mulut hewan gembalanya hingga sampai pada ladang milik umum, hal tersebut dilakukan agar hewan gembalanya tidak memakan rumput milik tetangga/ orang lain saat melewatinya. Cerita lengkap bisa banget dibaca di buku Api Tauhid karya Habiburrahman El Shirazy. InsyaAllah bukunya yg tebal gak bikin bosen karena paduan dari cerita fiksi dan biografi Said Nursi membuat pembaca tidak ingin berpaling, rasanya ingin sekali duduk habis, InsyaAllah buku tersebut berisi lautan hikmah. :D


wira'i : menjaga diri dari hal-hal yang haram termasuk hal yang syubhat sekalipun



No comments:

Post a Comment